Ole777

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Youtube

cara menggunakan google trends untuk youtube
cara menggunakan google trends untuk youtube

Siapa sih yang tidak tahu google trends ? semua orag yang berprosesi sebagai publisher baik sebagai penulis konten di blog atau sebagai konten kreator di youtube atau untuk marketing penjulan pasti sudah pernah mendengar tentang google trends, mereka semua berlomba-lomba untuk menyajikan konten dengan kata kunci yang sedang trends untuk mendapatkan trafic, view, dan closing penjualan.

Menurut riset yang telah saya lakukan masih belum banyak youtuber tidak menggunakan google trends untuk mengoptimasi SEO konten youtube, entah karena mereka mungkin tidak tahu cara menggunakan google trends untuk riset kata kunci atau mungkin malas untuk melakukan riset kata kunci.

Oleh sebab itu saya buat postingan ini untuk membantu anda yang tidak tahu cara menggunakan google trends untuk youtube, sehingga nantinya anda bisa memanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik menggunakan google trends untuk riset pasar, riset kata kunci untuk konten blog, atau mengoptimasi SEO konten youtube anda.

Apa Google Trends itu ?

Google trends adalah aplikasi web di bawah perusahaan google untuk mengukur dan menyimpulkan kata kunci atau topik yang sedang trends baik saat ini atau masa lalu. google trends bisa menampilkan hasil pencarian berdasarkan Negara bahkan bisa menampikan titik perwilyah dari hasil penelusuran .

Oleh karena itu google trends banyak di gunakan oleh orang untuk meriset kata kunci baik untuk konten blog, youtube, dan untuk marketing. mereka yang sudah mahir dan familiar dengan google trends, pasti memanfaatkan pengetahuanya tentang google trends sebagai ranah bisnis jasa untuk meningkatkan SEO blog, Youtube, maupun untuk penjualan online.

Cara Kerja Google Trends

cara kerja google trends
cara kerja google trends

Cara kerja google trends seperti simulasi gambar diatas, ketika seseorang megetikkan suatu kata atau kalimat di mesin pencarian google, secara otomatis langsung di kirim ke google trends untuk di nilai berapa banyak orang mengetikkan kalimat atau topik yang berkaitan dengan kata kunci tersebut

Dari google trends kata kunci tersebut di kirim lagi ke google keyword planner untuk di tampung dan di analisa sehingga menghasilkan kata kunci sugesti atau saran penelusuran sebagai manana ketika anda melihat saran kata kunci yang menurun dari mesin pencari google.

Google keyword planner akan menganalisa dan mengelompokkan kata kunci yang di kirim google trends tersebut kemudian dikirim kembali ke google trends sehingga menjadi topik penelusuran atau istilah penelusuran berdasarkan kagetori,

Data yang diterima google trends dari google keyword planner masih akan di analisa lagi dan di kelompokkan menjadi istilah penelusuran seperti penelusuran web, penelurusan gambar, penelusuran berita, penelusuran belanja dan penelusuran youtube berdasarkan negara dan wiliyah dimana kata kunci tersebut di ketikkan.

Itulah cara kerja singkat google trends yang saya ketahui, sebenarnya masih banyak logaritma yang di gunkan oleh google trends. perlu anda ketatahui juga bahwa Semua perusahaan atau aplikasi riset kata kunci merujuk pada google trends dan google planner untuk istilah penelusuran di google.

Lalu bagaimana cara menggunakan google trends di indonesia untuk meningkatkan SEO di youtbe ? baik, setelah anda mengetahui sekilas cara kerja google trends seperti apa dan bagaiman sekarang kita langsung gunakan google tren untuk melakukan riset kata kunci di youtube.

Cara menggunakan google trends untuk youtube

Google trends di rancang untuk mengetahui trends pencarian secara global di seluruh produk google, maka dari jika google trends ingin di gunakan untuk youtube maka ikuti langkah berikut :

  1. Masuk ke google trends
  2. Ketikkan kata kunci di kolom pencarian google trends
  3. Ganti Negara sesuai yang anda inginkan
  4. Tentukan rentang waktu dan
  5. Klik menu drop down web search dan pilih penelusuran youtube
  6. klik tombol search

setelah itu anda bisa melihat hasil yang di tampilkan dari google trends dan silahkan lakukan analisa dan riset keyword dari semua data yang di tampilkan pada masing-masing kotak. jika anda bingung cara riset keyword di google trends ikuti langkah-langkah di bawah

Cara Riset Kata Kunci di Google Trends Untuk Youtube

  1. Silahkan Masuk ke dasbored google trends dan
  2. Ganti Negara di bagian atas halaman ke Indonesia
  3. Masukkan kata kunci atau topik yang anda ingin riset
  4. Klik logo kaca pembesar sebelah kanan kata kunci atau tekan enter
cara riset kata kunci youtube di google trends
cara riset kata kunci youtube di google trends

Gambar diatas saya menggunakan kata kunci cara membuat channel youtube, silahkan tunggu hingga keluar hasilnya, setelah hasil riset dari google trends keluar, perhatikan gambar animasi di bawah

cara riset keyword youtube di google trends
cara riset keyword youtube di google trends

Secara default durasi pencarian yang di tampilkan selama 12 bulan terakhir tidak perlu di ganti apabila anda membuat konten youtube berjangka panjang, namu jika anda ingin membuat konten berita atau yang sedang hits silahkan ganti ke tujuh hari terakhir.

Pada bagian kaetgori secara default juga pada posisi Semua Kategori, jika anda ingin jangkuan konten youtube anda lebih spesifik silahkan gunakan sesuai dengan kategori yang akan anda buat konten, semisal tentang komputer, dll.

Pada bagian penelusuran sebelah kategori wajib anda ganti ke istilah penelusuran youtube, karena kita akan meriset kata kunci atau ingin menggunakan google trends ini untuk youtube, setelah selesai berikutnya tinggal kita analisa sendiri.

Cara mengunakan kueri terkait di google trends untuk meriset kata kunci youtube

Anda perhatikan pada bagian bawah kanan akan di tampilkan pada kotak kueri terkait kata kunci yang sering orang gunakan untuk mencari di youtube, anda bisa menggunakan atau kombinasi kata yang keluar tersebut dengan beberapa kata yang ingin anda gunakan.

conton misalkan saya akan membuat konten dengan judul “cara membuat channel youtube” kemudia kita kombinasikan kata yang keluar pada kueri terkait dengan kata-kata saya sendiri menjadi “cara cepat dan mudah membuat konten youtube di hp yang menghasilkan unag” silahkan anda gunakan kombinas kata kunci dengan kemungkinan orang lain akan mengetikkanya kata kunci, atau jika anda ingin menggunakan sebagai judul buatlah kombinasi kata yang memikat dan menarik.

Cara mencari ide konten youtube dengan google trends

Mecari ide konten youtube degan google trends, perhatikan di kotak sebelah kiri bawah samping kueri terkait akan di tampilkan topik-topik terkait, anda pilih dan klik bagian topik yang menurut anda relevan dengan kata kunci yang anda ketikkan, jika tidak ada tidak usah, kalau anda mengklik pada bagian salah satu topik terkait silahkan lakukan settingan ulang di bagian istilah penelusuran di ganti istilah penelusuran youtube.

Cara membandingkan kata kunci di google treds

Silahkan anda pilih beberapa kata kunci dari sugesti youtube dua sampai tiga kata kunci untuk di bandingkan di google trends, setelah itu silahkan ikuti langkah berikut :

  1. Buka web google trends
  2. Ganti negara di pojok kanan atas
  3. Masukka satu kata kunci di pencarian
  4. klik (+) bandingkan untuk memasukkan kata kunci lainya
  5. Ganti istilah penelusuran ke youtube
  6. Lihat metrik perbedaan yang di tampilkan

Cara berlangganan penelusuran youtube terbanyak di google trends

Belangganan penelusuran yang sedang trends memungkinkan anda mendapatkan pemberitahuam penelusuran apa yang sedang banyak di cari oleh orang di youtube, baik selama satu haru, satu minggu, dan stu bula. adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka web trends.google.co.id
  2. Klik menu di pojok atas sebelah kiri
  3. Pilih langganan (logo kotak surat)
  4. Klik tanda (+) plus di pjok kanan bawah
  5. Pada Tab Topik ketikkan youtube istilah penelusuran web
  6. Biarkan wilyah seluruh dunia atau tentukan sesuai target konten youtube anda
  7. Tentukan seberapa seirng anda akan mendapatkan pemberitahu, sekita seminggu sekali atau sebulan sekali
  8. Klik berlangganan

Anda akan mendapatkan informasi penelusuran terbanyak selama rentang waktu yang telah anda tentukan, biasanya langganan akan langsung di kirim ke email yang di gunakan login ke google trends

Kesimpulan

Google trends merupakan alat riset kata kunci yang multi fungsi, bisa di gunakan untuk meriset kata kunci di blog, bisa di gunakan untuk riset kata kunci di youtube, dan juga bisajuga bisa di gunakan riset kata kunci untuk pasar,semoga artikel ini bisa membantu menambah pengetahuan anda tentang menggunakan google tren untuk youtube.

alihumaidi

Owner PT. Alihumaidi Digital Media | Beliau adalah seorang pengamat sosial media dan bisnis digital. Beliau melayani konsultasi online tentang youtube, bisnis digital, digital marketing, dan Web Developer menggunakan cms. Beliau lulusan Magister di salah satu Universitas swasta islam Fakultas Teknologi Industri konsentrasi Sistem Informasi Interprise di Yogyakarta

2 Respon

  1. 27 November 2023

    […] Google trends : di gunakan untuk mengetahui kata kunci yang sedang trend atau mendapatkan volume pencarian yang sedang viral, bisa diakses melaui hp dan juga pc […]

  2. 4 April 2024

    […] menemukan ide konten youtube biasanya di lakukan dengan google trends karena google trends adalah satu-satunya aplikasi yang bisa mencatat dan merangkum kata kunci […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ole777

Ole777