Tips Cara Menentukan Niche Channel Youtube

Tips Cara Menentukan Niche Channel Youtube

Apakah anda punya keinginan untuk menjadi youtuber ? cuma anda bingung untuk menentukan niche channel youtube ? atau anda sudah punya channel youtube dan sekarang anda bingung mau membuat konten seperti apa ? jika iya, baca tips dari saya cara menentukan niche channel youtube ini sampai selesai.

Kenapa menentukan niche channel itu penting ?

Menentukan niche channel youtube harus anda lakukan sebelum anda memutuskan menjadi youtuber, karena niche channel youtube akan menentukan kreatifitas dan kesemangatan anda dalam membuat konten di youtube.

Apabila anda tidak menentukan niche channel youtube sejak awal, saya yakin anda akan kehabisan ide untuk membuat konten youtube, dan itulah yang menjadi kendala sebagian besar youtuber dalam membuat koten youtube, karena mereka tidak menentukan niche channel youtube dari awal.

Niche channel youtube juga akan menjadi penentu banyaknya jumlah subscriber dan view di channel youtube anda, karena mustahil manusia bisa membuat bermacam-macam konten yang berbeda-beda, kecuali perusahaan yang mempunyai pegawai khusus dalam membuat konten-konten youtube tertentu.

Apa sih niche channel youtube itu ?

Niche channel youtube adalah salauran youtube yang berisi konten tentang topik-topik tertentu, seperti musik, pendidikan, hiburan, komedi, berita, olahraga, belanja dll. niche channel yang spesifik akan memudahkan youtube dalam mengelompokkan video-video tersebut dangan video yang satu topik atau topik yang berkaitan kemudian di rekomendasikank berdepada pengguna youtube berdasarkan minat pengguna, histori tonton, dan riwayat penelusuran.

Channel youtube dengan niche yang spesifik akan memudahkan orang lain memahami maksud dan tujuan channel tersebut di buat, sehingga memudahkan orang lain untuk mengklik subscribe dan menonton ulang koten video di channel tersebut. nanti akan saya bahas secara terpisah mengenai manfaat menentukan niche channel youtube, sekarang postingan ini hanya akan berfokus cara menentukan niche channel youtube saja.

Cara Menentukan Niche Youtube

1. Tentukan Target Penonton

Menentukan target sama halnya dengan anda menentukan tujuan anda membuat konten untuka apa, dan di buat untuk siapa. jangan menentukan target terlalu luas seperti, usia, giografi, atau gender, agar video anda mudah di temukan orang dan youtube juga mudah untuk merekomendasikan video anda kepada siapa, dimana, dan kapan. anda bisa menentukan target niche channel youtube anda berdasarkan kebutuhan orang lain contohnya seperti, olahraga, pendidikan, kecantikan, fashion, hiburan, minat, dll, kemudian anda breakdown lagi dari beberapa niche tersebut agar lebih spesifik, perhatikan gambar di bawah

Tips Cara Menentukan Niche Channel Youtube
Tips Cara Menentukan Niche Channel Youtube

Gambar diatas hanya simulasi saya sendiri, sebenarnya itu masih bisa di breakdonw lagi agar lebih sepesifik dalam menentukan niche channel youtube anda. yang penting anda tentukan niche channel anda sesui dengan kebutuh orang lain, meskipun itu hanya sederhana, kalau sudah spesifik pasti orang lain akan terbantu dengan konten-konten anda.

2. Kenali Hobi Anda

Setelah anda menentukan target berikutnya anda harus mengetahui hobi anda sendiri, karena menjadi youtuber tidak bisa hanya sekedar hiburan saja, karena itu berkaitan dengan orang lain dan penonton, agar anda tidak merasa terpaksa membuat konten dan merasa berat untuk berinvestasi kepada channel youtube anda seperti anda harus membeli barang-barang yang di butuhkan dalam membuat konten, kamera, hp, tripod, dan alat-alat lain yang di buthkan.

Jika anda menjadi youtuber di dasari dengan hobi saya sakit anda tidak akan keberatan berbuat apapun, karena itu sudah hobi anda bukan, malahan anda akan merasa senang melakukan itu dan pasti selalu ada ide untuk membuat konten di youtube karena itu sudah hobi anda.

3. Cari tahu bakat anda

Anda harus mengetahui bakat anda, jika anda tidak tahu bakat anda apa, bagaimana anda bisa membuat konten, bagaimana bisa membantu orang lain jika anda sendiri tidak memiliki bakat tenrtentu, meskipun itu hobi anda tetapi kebakatan apa yang akan anda shere kepada orang lain memlalui channel youtube anda ?. Biasanya bakat dan hobi ini akan menjadi satu dalam diri seseorang.

Misalkan anda hobi maen game, pasti anda memiliki skill yang luar biasa bukan dalam memaenkan game tersebut, pasti anda uga memiliki trik-trik tersendiri, pasti anda memiliki cara-cara tertentu untuk menang bermaen game tersebut, nah pada saat itu adalah bakat yang saya maksudkan.

4. Lakukan riset sederhana

Setelah anda menentukan siapa penonton anda, anda juga tahu apa hobi dan bakat anda, berikutnya anda harus melakukan riset sebelum anda memutuskan niche channel youtube anda, karena ini akan menentukan persaingan anda nantinya di youtube.

Riset yang saya maksud anda harus tahu siapa saja pesaing anda, seperti apa konten-konten mereka, berapa jumlah subscriber mereka, dan bagaimana cara mereka menyajikan konten-konten mereka, kemudian anda tiru dan terapkan saat anda membuat konten youtube, ini hanya diawal saja, nanti jika channel anda sudah besar anda bisa menyesuaikan dengan karakter subscriber anda.

Kesimpulan

Setelah 4 tips cara menentukan niche channel youtube anda lakukan dengan benar berikutnya silahkan eksekusi dari awal mulai dari membuat channel youtube hingga perlengkapan, dan personalisasi lainya. jangan menunggu nanti untuk memulainya, karena sudah banyak orang tidak sabar menunggu karya-karya hebat anda, sampai jumpa di youtube.

alihumaidi

Ali Humaidi adalah seorang pengamat sosial media dan bisnis digital. Beliau melayani konsultasi online tentang youtube, bisnis digital, digital marketing, dan Web Developer menggunakan cms. Beliau lulusan di salah satu Universitas swasta islam terkemuka di Yogyakarta pada konsentrasi Sistem Informasi Interprise

4 Respon

  1. Ghovin berkata:

    Nice…
    thank your solution..

  2. Imam berkata:

    rinci dan detail…
    terimakasih sudah shering hal penting seperti ini bang….

    salam kenal
    youtuber blkk

Apakah Ada Pertanyaan ?