Ketahuilah..! Tentang Monetisasi Channel Youtube

Tentang Monetisasi Channel Youtube

Monetisasi channel youtube kadang menjadi tujuan utama orang-orang menjadi youtuber untuk mendapatkan uang dari internet, padahal agar channel youtube di monetisasi itu ada cara dan teknik-teknik tersendiri agar channel youtube bisa di monetisasi oleh youtube.

Monetisasi youtube tidak gampang sebagimana yang di katakan banyak orang, melaikan butuh perjuangan, dan berhati-hati dalam membuat konten agar tidak melanggar kebijakan program partner youtube, dan kebijakan youtube lainya.

Oleh karena itu sebelum anda memiliki keinginan untuk memonetisasi channel youtube, anda harus tahu dulu secara detail semua tentang monetisasi channel youtube.

Apa itu monetisasi youtube ?

Monetisasi youtube adalah salah satu fitur khusus dan fitur unggulan di channel youtube untuk konten kreator yang memenuhi syarat kebijakan youtube, sehingga konten kreator bisa mendapatkan uang di youtube dari semua konten video yang mereka unggah ke youtube, bisa melakukan siaran langsung, dan masih banyak lagi yg lainya.

Apa saja fitur monetisasi channel youtube ? fitur yang bisa di gunakan oleh konten kreator youtube setelah memonetisasi channel youtube sebagai berikut

  • Menampilkan Iklan
  • Superchat dan super stiker
  • Penghasilan dari youtube premium
  • Lagganan channel
  • Merchandise
  • Live Streming

Fitur monetisasi tersebut bisa di gunakan setelah channel youtube diangap layak bermitra dengan youtube, youtube memiliki penilaian dan persyaratan tersendiri untuk menjalin partner dengan salah satu channel di youtube.

Apa saja syarat monetisasi channel youtube ?

Untuk bisa menggunakan semua fitur monetisasi youtube, channel harus memenuhi syarat dasar, yang mana youtube menerapkan peraturan berbeda dan berskala, tidak semua fitur monetisasi tersebut bisa di gunakan dan diaktifkan setelah channel youtube di monetisasi, adapun syarat dasar monetisasi youtube

  1. Memiliki 1000 Subscriber
  2. Sudah mencapai 4000 jam tayang
  3. Mematuhi kebijakan program partner youtube
  4. Harus mematuhi kebijakan komunitas youtube
  5. Patuh pada kebijakan google Adsanse
  6. Menghindari Copyright
  7. Tentukan konten untuk anak atau bukan

Sedangkan untuk bisa menggunakan semua fitur dari monetisasi youtube tersebut channel youtube harus meiliki persyaratan khusus lain, perhatikan tabel di bawah ini.

Tentang Monetisasi Channel Youtube
Syarat dasar Monetisasi Channel Youtube

Tabel syarat monetisasi youtube diatas berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi saya dan dari beberapa sumber dari help youtube kemudian saya satukan dalam tabel tersebut.

Apabila anda ingin cepat mendapatkan banyak subscriber, silakan baca lebih detail lagi postingan saya Cara cepat dan aman mendapat subscriber kemudian agar channel youtube anda terhindar dari hak cipta baca lebih lanjut postingan saya Memahami copyright youtube.

Anda bisa aktifkan fitur monetisasi sejak pertama kali anda membuat channel youtube, dan bisa juga mengaktifkan fitur monetisasi setelah memenuhi syaratan dasar monetisasi diatas. jika mengaktifkan fitur monetisasi sejak pertama kali anda membuat channel, youtube secara otomotis akan meninjau channel youtube anda untuk menentukan apakah channel anda layak mendapatkan fitur monetisasi atau tidak.

Bagaimana cara menampilkan iklan di youtube ?

Agar anda bisa menampilkan iklan pada konten youtube, anda harus monetisasi channel youtube anda, perhatikan tabel syarat monetisasi youtube diatas agar anda bisa memonetisasi channel youtube anda. ingat selalu mematuhi peraturan youtube agar iklan berjalan dengan lancar.

Apabila anda sudah memonetisasi channel youtube anda dan sudah tampil iklan pada konten youtube anda, dan agar iklan selalu tampil normal pada konten youtube anda, anda harus selalu memantau dan mengetahui peraturan youtube secara updet. pada tahun 2020 youtube memperbarui peraturan baru monetisasi, keterangan lebih rinci silahkan baca postingan saya peraturan terbaru youtube.

Kenapa superchat dan super stiker tidak aktif di youtube ? untuk mengaktifkan superchat dan super stiker anda harus berada memenuhi persyaratan youtube dan telah memonetisasi channel youtube anda dan berada di negara yang telah di izinkan untuk menggunakan fitur ini, anda bisa melihat daftar lokasi yang bisa menggunakan superchat di halaman Support youtube langsung lihat disini. dan saat ini indonesia belum tersedia untuk menggunakan superchat dan superstiker.

Kelebihan dan Kekurangan Monetisasi Channel Youtube

Monetisasi channel youtube saat ini masih menjadi primadona untuk mendapatkan uang di youtube, padahal dibalik monetisasi youtube itu ada kelebihan dan kekurang, mungkin saat ini anda hanya mengetahui kelebihan monetisasi channel youtube saja tanpa anda mengetahui kekurangnya, berikut saya sajikan dalam table agar tidak terlalu pangjang pembahasan.

Tentang Monetisasi Channel Youtube
Kelebihan dan Kekurangan Monetisasi Channel Youtube

Keterangan : Ketika anda memonetasi channel youtube, anda harus mematuhi dan melakukan semua yang saya centang biru dan apilabila anda tidak memonetisasi channel youtube, anda bisa melakukan tanda silang merah pada tabel diatas. Tabel kelebihan dan kekurang diatas merupakan asumsi dan riset saya dari pengalaman pribadi dan dari beberapa refrensi selama menjadi youtuber.

Apakah bisa mendapatkan uang dari youtube tanpa monitasi channel youtube ? tentu saja bisa anda mendapatkan uang dari youtube tanpa monetisasi. monetisasi hanya sebagian persen untuk mendapatkan uang dari youtube, keterangan lebih rinci silahkan baca postingan saya cara mendapatkan uang dari youtube.

Kesimpulan

Setelah anda mengetahui semua tentang cara monetisasi channel youtube, sekarang tinggal bagaima keputusan anda mengelola channel youtube anda, apakah anda membuat channel youtube untuk mengejar fitur monetisasi atau yang lainya? semoga artikel singkat ini menjadi tambahan pengetahuan buat anda.

alihumaidi

Ali Humaidi adalah seorang pengamat sosial media dan bisnis digital. Beliau melayani konsultasi online tentang youtube, bisnis digital, digital marketing, dan Web Developer menggunakan cms. Beliau lulusan di salah satu Universitas swasta islam terkemuka di Yogyakarta pada konsentrasi Sistem Informasi Interprise

Apakah Ada Pertanyaan ?