Syarat dan Peraturan Monetisasi Channel YouTube Terbaru

Syarat dan Peraturan monetisasi Channel youtube terbaru

Peraturan monetisasi youtube memang sering berubah dari tahun ketahun untuk meningkatkan kualitas layanan untuk konten kreator dan menjaga para pengiklan di youtube untuk mencapai keinginanya, sehingga dalam waktu yang berjagka dan tidak terduga youtube memperbarui peraturan monetisasi.

Jika channel youtube anda sudah di monetisasi atau anda akan memonetisasi channel youtube anda, maka secara berkala anda harus tahu peraturan youtube terbaru agar iklan selalu tampil di channel youtube anda, tidak perduli berapa lama anda sudah memonetisasi channel youtube anda jika anda tidak tahu peraturan baru youtube tentang monetisasi bisa di pastikan iklan tidak akan tampil pada channel youtube anda.

Peraturan baru monetisasi youtube memang tidak ada yang menduga dan kapan itu akan diterapkan tapi yang pasti youtube selalu memberikan informasi terkait persyaratan dan peraturan baru terkait monetisasi, dan pada tahun 2020 ini youtube membuat peraturan baru untuk channel yang sudah di monetisasi dan persyaratan baru untuk channel yang akan di monetisasi.

1. Syarat monetisasi youtube

Sebagai perusahaan digitial shere video terkemuka dan menjadi pusat tiruan sudah perusahaan lain, sepantasnya youtube selalu memperbarui peraturan mereka untuk meninkatkan kualiatas pelayanan dan tetap menjadi perusahaan digital publisher video terbaik, berikut syarat monetisasi youtube

  1. Menentukan konten untuk anak atau bukan
  2. Miliki minimal 1000 subscriber selama 12 bulan terakhir
  3. Mililki minimal 4000 jam tayang atau setara dengan 240.000 menit selama 12 bulan teakhir
  4. Memiliki account adsanse dan menautkan akun adsanse
  5. Tidak memiliki pelanggaran hak cipta
  6. Tidak memiliki pelangaaran komunitas

Syarat diatas merupakan persyaratan dasar agar anda bisa memonetisasi channel youtube anda, dan menampilkan iklan pada setiap konten youtube anda, untuk selengkapnya tentang monetisasi channel youtube saya merekomendasikan anda membaca postingan saya Tentang Monetisasi youtube atau anda ingin cepat monetisasi channel youtube baca postingan saya cara cepat dan aman monetisasi youtube.

2. Peraturan baru monetisasi youtube

Apabila anda sudah monetisasi channel youtube anda, ada peraturan monetisasi youtube terbaru yang di updet pada januari 2020, mungkin sebagian youtuber menganggap ini masalah yang serius dan sebagian youtuber juga mengaggap ini sebagai ke untungan, berikut pembaruan kebijakan monetisasi youtube terbaru

  1. Konten harus cocok dengan pengiklan
  2. Menilai sendiri konten
  3. Live Streaming khusus subscriber

1. Konten harus cocok dengan pengiklan

Ketika anda sudah memonetisasi channel youtube anda secara otomatis konten video anda akan di tampiliklan iklan yang di sesuaikan dengan minat subscriber atau penonton di youtube, iklan yang muncul pada konten video tersebut di pilih sendiri oleh pihak pengiklan, mau beriklan pada video apa dan konten video seperti apa, tidak semua konten di youtube di pilih oleh pengiklan untuk menampilkan iklanya, karena pihak pengiklan memiliki tujuan untuk beriklan di youtube.

Dampak dari konten yang tidak cocok dengan pengiklan maka iklan yang tayang pada konten video akan di batasi oleh youtube dan bahkan tidak ada iklan yang muncul sama sekali, yang kemudian di tandai dengan dolar kuning.

Contoh iklan yang cocok dengan pengiklan seperti anda harus menghindari membuat konten

  • Bahasa yang tidak sopan
  • Konten kekerasan
  • Tindakan berisiko dan berbahasa
  • Konten dew@sa
  • konten yang menyebar kebencina
  • Konten pelecehan
  • Konten terkain n@rkoba dan sejenisnya
  • Konten Terkain dengan temb@kau
  • Konten terkain senj@ta ap1
  • Konten isu tentang kontroversial dan sensitif
  • Konten untuk anak

Apabila anda membuat konten seperti diatas maka dipastikan konten anda tidak cocok dengan pengiklan manapun di youtube. sumber dari support youtube, lebih baik anda menghindari membuat konten yang tidak cocok dengan pengiklan agar monetisasi youtube anda tetap aman sepanjang masa.

Apabila anda terlanjur membuat konten yang tidak cocok dengan pengiklan updete kebijakan monetisasi youtube 2020 memberikan keringan dan kebijakan agar anda bisa monetisasi channel youtube anda dengan konten tentang

  • Bahasa yang tidak sopan
  • Konten Kekerasan
  • Konten terkait N@rkoba
  • Konten terkait sej@ta ap1

Kebijakan tersebut bukan berarti anda sepenuhnya bisa menampilkan iklan pada konten sejenis diatas, akan tetapi anda diberikan pedoman menilai dan mereview konten anda sendiri .

2. Menilai sendiri konten

Kepercayaan youtube kepada konten kreator memberikan kesempatan kepada youtuber untuk menilai sendiri konten-konten yang sekiranya cocok untuk pengiklan, pedoman penilaian youtube untuk konten yang sesuai pengiklan updet pada tahun ini

A. Bahasa yang tidak sopan

Bahasa yang tidak sopan dalam konten youtube masih bisa menampilkan iklan dengan catatan bahas yang tidak sopan tersebut di golongkan sebagi bahas tidak sopan yang ringan, seperti kata-kata “persetan”, “sial”, “sialan”. penilaian tersebut apabila ada kata-kata tersemat baik dalam video, judul, diskripsi, thumbnail dan tag.

B. Konten Kekerasan

Konten dengan kekerasan masih bisa menampilkan iklan dan masih bisa di kategorikan cocok dengan pengiklan apabila berisi tentang kekerasan ringan, seperti konten tutorial beladiri, dan menampilkan cedera tanpa menunjukkan darah, seperti ekting kecelakaan enting jatuh, dan kekerasan yang didramatisasi sebagai bagian dari video animasi, komedi, drama, atau video musik dan terakhir kekerasan yang ditampilkan sebagai bagian dari video alur game yang tidak di edit.

C. Konten terkait N@rkoba

Konten video terkait dengan n@rkoba masih bisa di monetisasi dan menampilkan iklan dengan catatan konten tersebut harus menyertakan refrensi dari lembaga pendidikan, musik, dan atau membuat konten humur tentang N@rkoba, atau video cover dalam musik, atau di sematkan dalam lirik lagu.

D. Konten terkait sej@ta ap1

Konten terkait sej@ta ap1 juga masih bisa di monetisasi dan menampilkan iklan apabila konten tersebut berhubungan dengan berburu, dan pelatihan yang berada diarea yang aman seperti tempat husus menembak.

keterangan lebih rinci lebih baik anda langsung baca di support youtube mengenai updet peraturan baru ini, agar anda lebih memahami.

3. Live streming khusus subscriber

Updet peraturan baru monetisasi youtube yang terakhir ini mungkin tidak terlalu penting buat nada apabila anda youtuber biasa sama seperti lainya, karena peraturan baru ini di hususkan untuk youtuber yang membuat konten khusus untuk subscriber berbayar, bukan youtube premium ya. channel yang youtube yang di bangun secara exklusif, biasanya di gunanakn dalam bisnis public sepaking, keterampilan khus dll, semacam goole class room, jadi sekarang channel youtube yang seperti itu sudah bisa melakukan live streaming.

Kesimpulan

Persyaratan dan peraturan monetisasi youtube itu di buat berdasarkan kebutuhan dan banyaknya pengaduan dari pihak pengiklan maupun konten kreator musik yang merasa kontenya di batasi iklan yang tampil, dan juga karena permintaan ruang iklan seperti yang di perbarui diatas. semoga artikel singkat ini bisa menambah pengetahuna anda tentang peraturan youtube yang baru.

alihumaidi

Ali Humaidi adalah seorang pengamat sosial media dan bisnis digital. Beliau melayani konsultasi online tentang youtube, bisnis digital, digital marketing, dan Web Developer menggunakan cms. Beliau lulusan di salah satu Universitas swasta islam terkemuka di Yogyakarta pada konsentrasi Sistem Informasi Interprise

2 Respon

  1. Indra berkata:

    susah banget sekarang jadi yotuber, peraturanya tambah ketat

    • alihumaidi berkata:

      jika anda menikmatisemumanya akan terasa ringan, jangan tergesa-gesa dalam menjadi youtuber, karena youtube merupakan aset untuk masa depan

Apakah Ada Pertanyaan ?