Strategi Cara Buat Konten Youtube Part 2

Strategi Membuat Konten Youtube

Strategi membuat konten di youtube ini sangat pas sekali anda ketahui untuk menjadi soerang youtube. karena ketika kalian memutuskan menjadi youtuber, entah karena hobi atau karena apapun alasanya kalian harus memiliki tujuan, agar nantinya kalian tidak kebingungan dalam membuat konten di youtube. Konten itu adalah raja, sebagai mana yang sudah saya jelaskan pada postingan saya sebelumnya disini. mau tidak mau ketika kalian sudah memutuskan mejadi youtuber kalian harus membuat konten youtube yang bisa diterima oleh orang banyak.

Konten youtube itu akan menentukan seberapa banyak subscriber yang akan kalian dapatkan. jangan dulu memikirkan darimana akan mendapatkan subscriber, dan kapan subscriber saya 100k. tetapi yang perlu kalian tanyakan pada diri kalian sendiri adalah kenapa orang akan mengklik subscrib ke channel kalian? kenapa orang akan menonton video kalian ?. pertanyaan itu perlu selalu ada di benak kalian ketiak kalian ingin membuat konten di youtube.

Sebelum saya membahas lebih jauh cara membuat konten di youtube atau strategi membuat konten di youtube saya akan jelaskan dulu mengenai istilah subscriber itu apa dan bagaimana cara mendapatkan subscriber, agar nantinya kalian tidak sembarangan membuat konten di yotube.

Subscriber

Subscriber adalah istilah youtube kepada orang yang mengikuti channel di youtube. youtube akan secara otomatis memberitahukan kepada subscriber apabila channel yang di subscribe memposting video atau konten baru. baik dia memklik tanda lonceng atau tidak.

Perbedaanya kalau mengklik tanda lonceng, youtube akan memberikan notifikasi kepada subscriber agar subscriber dapat langsung menonton konten video tersebut di channel yang sudah di subscrebenya, dan itu sangat di anjurkan oleh youtube, tetapi kalau tidak mengklik tanda lonceng di sebelah tombol subscribe, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi, tetapi youtube akan memberitahukan kepada subscriber bahwa channel yang di subscribenya memposting video atau konten baru, di halaman beranda youtube, atau pada feed subscriber.

Cara Mendapatkan Subscriber youtube

Subscriber tidak perlu dicari ataupun memaksa orang untuk mengklik subscribe ke channel kalian, subsriber akan datang dengan sendirinya apabila konten youtube yang kalian buat di yotube sesuai dengan yang orang minati. untuk lebih rinci kalau anda ingin mendapatkan banyak subscriber baca postingan saya cara menambah subscriber secara cepat dan aman

semua jenis video di youtube sudah ada, sekarang tiggal bagaimana kalian akan menyajikan konten video kalian bisa di terima oleh orang lain, agar mereka mengklik subscribe ke channel kalian. Okelah saya menganggap kalia sudah faham dengan semua itu. sekarang bagaimana jika kalian sudah terlanjur membuat channel youtube tetapi kalian bingung untuk membuat konten youtube karena kehabisan materi ? perhatikan.

Strategi Membuat Konten Youtube

Strategi membuat konten di youtube sebenarnya sangat mudah apabila anda sudah memiliki tujuan yang pasti di youtube, namun apabila belum menentukan target perhatikan strategi di bawah ini

1. Tentukan Target

Target adalah hal wajib yang perlu kalian lakukan sebelum atau atau sesudah kalian membuat chanel youtube. tanpa target konten kalian akan sia-sia, video kalian hanya akan di tonton oleh orang dan tidak akan mengklik subcribe ke chanel kalian. target yang saya maksudnkan adalah nice dari chanel kalia itu apa, apa yang akan kalian lakukan, apa yang akan kalian bahas apa yang ingin kalian bagikan, atau kalian hanya iseng-iseng saja ?

Tanpa tujuan dan target yang pasti mustahil kalian akan sukses di youtube. kalau target saja tidak ada, bagaimana kalian bisa membuat konten, atau jangan-jangan kalian reuploder ? heheh. okelah saya mengaggap kalian sudah punya target, langsung ke tahapan berikutnya.

2. Membuat Playlist

Ketika kalian sudah menentukan target kalian siapa sekarang silahkan kalian perinci lagi dengan membuat playlis di chanel kalian, kalu belum tahu membuat playlist cek disini. playlist itu akan membantu kalian dalam membuat postingan-postingan berikutnya. saya contohkan semisal chanel kalian nicenya adalah Ngeprenk degan target anak muda usia 14 s.d. 35 th, maka playlist yang perlu kalian buat adalah, prenk di mol, prenk di kampus, preng di jalan, prenk di pasar, dll.

saya contohkan satu lagi misalkan niche channel kalian adalah cover musik, dan target kalian adalah anak usia 14 s,d, 35 th. maka playlist yang perlu kalian buat adalah, cover lagu rege, cover lagu galau, cover lagu gembira, dll. silahkan kalian sesuaikan saja dengan niche channel kalian apa, agar nantinya itu mempermudah kalian dalam membuat konten dan tidak usah susah payah memikirkan konten apa lagi yang perlu kalian buat. penjelasn lebih rinci baca postingan saya cara menentukan niche channel youtube

3. Refrensi

Ketika kalian sudah membuatkan playlist di channel kalian sudah pasti kalian tahu konten apa yang perlu kalian unggah ke youtube maka berikutnya kalian harus mencari refrensi sebanyak-banyaknya. itu dalam rangka membuka imajenasi kalian, sehingga kalian mempunyai gambaran seperti apa kalian akan menyajikan konten kalian tersebut.

Sebeagaimana yang sudah saya katakan sebelumnya, di youtube semua jenis video sudah ada, sekarang tinggal bagai mana kalian akan menyajikanya, dan bagaimana orang akan menonton video kalian. dari semua refrensi yang kalian dapatkan silahkan kalian buat konten yang berbeda dari yang lainya. kalau masih sama sih, orang tidak akan menontonya wong yang lain sudah ada. coba perhatikan gambar di bawah ini.

Strategi Membuat Konten Youtube
Strategi Membuat Konten Youtube

Dari gambar diatas sudah jelas bagaimana strategi cara membuat konten youtube. jadi mustahil orang akan langsung mengklik subcribe ke chanel kalian jika tanpa menonton isi dari konten kalian. orang akan mengkilik subcrib jika sudah menonton konten kalian.

bisa saja orang mengklik subscribe ke chanel kalian apabila itu teman atau kenalan kalian. jika kalian menggunakan strategi membuat konten youtube diatas saya yakin kalian tidak akan kebingungan lagi saat ingin membuat konten di youtube dan kalian tidak usah pusing-pusing masalah subscriber, karena subscriber akan datang dengan sendirinya jika channel kalian sudah tertarget.

Kesimpulan

Membuat konten di youtbe itu sebenarnya susah gampang, semaster apapun pasti mengalami kendala saat ingin membuat konten di chanelnya. oleh karena itu saya buatkan artikel ini agar kalian tidak kebingungan lagi saat kalian ingin membuat konten di chanel youtube kalian pada waktu-waktu berikutnya. ok sampai sidini dulu kawan, semoga artikel ini ada manfaatnya, jangan lupa shere ya.. jangan pintar sendirian karena berbagi itu indah.

alihumaidi

Ali Humaidi adalah seorang pengamat sosial media dan bisnis digital. Beliau melayani konsultasi online tentang youtube, bisnis digital, digital marketing, dan Web Developer menggunakan cms. Beliau lulusan di salah satu Universitas swasta islam terkemuka di Yogyakarta pada konsentrasi Sistem Informasi Interprise

2 Respon

  1. Nabil berkata:

    saya masih bingung ne bang, adakah tidak ada videonya bang?

Apakah Ada Pertanyaan ?