Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Youtuber Pemula

Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber Pemula

Skill dasar yang harus dimiliki youtuber pemula ini sifatnya wajib jika ingin menjadi youtube. Apapun alasan anda untuk menjadi youtuberharus memiliki skill atau kemampuan tentang hal-hal yang bersangkutan dengan youtube agar bisa membuat konten yang hebat, menarik dan informatif.

Apabila anda tidak memiliki skill atau kemampuan yang saya maksudkan nanti di bawah, segeralah anda mengasah kemampuan anda agar bisa berkarya di youtube dan cepat sukses menjadi youtuber, sehingga subscriber akan bertubi-tubi datang ke channel youtube anda.

Skill dasar yang saya maksud disini adalah kemampuan yang sangat mendasar untuk menjadi seorang youtuber hanya sendirian tanpa ada partner, tanpa ada team, tanpa ada rekan, dan bukan untuk perusahan.

Jika anda memiliki partner atau team, mungkin akan sangat mudah menjadi youtuber karena bisa berbagi jobs bersama partner atau team anda. tetapi jika sendirian anda wajib menguasai semua skill dasar youtuber pemula ini

Skill apa saja yang di butuhkan youtuber ?

  1. Seorang youtuber harus bisa merekam Video
  2. Mampu Mengedit video
  3. youtuber harus bisa membuat naskah
  4. Harus memiliki skill persentasi dan
  5. Wajib Menjadi Konseptor

1. Seorang youtuber harus bisa merekam Video

Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber Pemula
Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber Pemula

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa youtube merupakan tempat creator khusus pembuat video, kemampuan atau skill dalam merekam video harus anda miliki agar bisa membuat konten youtube yang bagus dan berkualitas, seperti anda harus tahu teknik dasar dalam merekam video, teknik pencahayaan dalam video, pengaturan suara dalam video dll.

Tanpa memiliki skill merekam video yang baik, rekaman video anda hanya akan menjadi simpan yang tidak akan pernah pernah di rekomendasikan oleh youtube kepada video-video yang sejenis dengan topik yang anda bahas.

Untuk merekan video anda tidak harus hebat dan mengetahui secara detail tantang cenematograpy, cukup dasar-dasar saja yang penting anda implementasikan pada saat anda rekaman video, apabila anda youtube menggunakan hp saya sudah siapkan cara merekam video dengan hp, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca postingan saya cara merekam video di hp.

Apabila anda seorang youtuber yang tidak perlu menampilkan video dengan rekaman sendiri, seperti anda membuat konten tutorial, atau konten informasi dengan mengambil video lain yang di personalisasi sendiri, skill merekam video ini mungkin tidak terlalu di butuh, tetapi anda harus memiliki skill yang kedua.

2. Mampu Mengedit video

Setelah anda bisa merekam video berikutnya skill atau kemampuan yang harus di miliki oleh seorang youtuber adalah edit video, seorang youtuber harus bisa mengedit videonya sendiri, bisa saja menggunakan jasa editing video tetapi hasilnya tidak akan maksimal dan tidak akan seperti apa yang kita inginkan.

Seorang youtuber pemula harus bisa mejalankan aplikasi editing video, dalam hal ini bisa di sesuaikan dengan kebutuhan anda, bisa mengedit menggunakan aplikasi editing video di pc, atau yang simpel bisa menggunakan aplikasi editing video di hp.

Kenapa youtuber pemula harus memiliki skill editing video ?

Tanpa memiliki skill editing video yang baik konten video di youtube hanya akan menjadi sampah digital yang tidak berguna. skill editing video sangat berperan penting agar orang bisa menonton video anda sampai selesai. seperti anda harus bisa memngkombinasikan animasi, frem, sound effek, dan hal-hal lain yang di butuhkan.

Apabila anda youtuber hanya bermodalkan hp saja, saya memiliki rekomendasi aplikasi untuk anda gunakan, uraian lengkapnya baca postingan saya aplikasi editing video di terbaik sepanjang masa. disana saya uraikan secara detail kenapa aplikasi tersebut terbaik sepanjang masa.

3. Youtuber harus bisa membuat naskah

Membuat Naskah untuk konten
Membuat nasakah untuk konten

Memiliki skill membuat naskah ini wajib di miliki oleh seorang youtuber, karena tidak mungkin anda membuat konten youtube tanpa membuat oret-oretan dulu, kalau tidak, konten anda tidak akan terarah dan bisa dikatakan tidak nyambung, atau berputar-putar dalam satu keterangan saja.

Apapun jenis konten anda, skill membuat naskah ini wajib di miliki. Tidak perlu semua durasi dalam video di buatkan naskah, cukup memiliki sedikit oret-oretan saja, tulis di selembar kertas kosong poin-poin penting apa saja yang ingin anda sampaikan kepada penonton, tuliskan dimana dan pada kata apa anda harus memulai ngehumur dan mengajak penonton berintraksi, dll.

Contoh misalkan anda ingin membuat konten tentang “cara membuat donat” maka poin penting yang harus anda tulis sebelum membuat konten adalah bahan apa saja yang di gunakan, berapa menit durasi pengkukusan yang di butuhkan, apakah ada pesan penting lain yang perlu disampaikan sebelum membuat donat agar menghasilkan donat yang enak.

Kenapa membuat naskah itu penting ?

Membuat naskah sebelum membuat konten akan meminimalisir kekeliruan yang akan di sampaikan pada orang lain dan menghindari lupa poin-poin penting apa saja yang akan di sampaikan, sehingga orang lain dapat dengan mudah mengerti dan mryimak isi dari konten video anda.

4. Harus memiliki skill persentasi

Skill dasar yang harus dimiliki youtuber pemula berikutnya adalah harus bisa mempersentasikan naskah yang sudah di tulis. Kemampuan berpersentasi ini akan berperan penting dalam menyampaikan dan menyajikan poin-poin penting yang ingin di sampaikan kepada penonton agar tidak terkesan mencolok dan fakum.

Kemampuan berpersentasi yang baik akan membuat penonton menyimak isi konten video dengan yaman, tenang dan mudah di fahami, sehingga penonton tidak tergesa-gesa meninggal konten video anda, ini sangat berguna sekali untuk meningkatkan retensi penonton di channel youtube.

Sedangkan skill persentasi yang buruk akan membuat konten anda di tinggalkan orang dan hanya ditonton beberapa persen sajadari durasi video yang anda buat, sehingga itu akan berpegaruh terhadap reputasi channel youtube anda.

Channel youtube dengan konten tutorial tidak terlalu membutuhkan skill persentasi ini karena membuat video tutorial di youtube cukup menyajikan langkah-langkah yang tepat meskipun tidak mempersentasikan atau menjelaskan apa yang di lakukan, cukup menampilkan video dengan musik sudah cukup.

5. Wajib Menjadi Konseptor

Skill dasar berikutnya yang harus dimiliki youtuber pemula adalah konseptor. Sebagai seorang youtuber anda harus bisa mengkonsep semuanya sendirian, dan saat seperti itulah anda menjadi manager dari diri anda sendiri, seperti memilih tempat shooting yang pas, pengeditan video yang sesuai, penulisan naskah yang tepat dan penyajian persentasi yang tidak membosankan.

Apalagi anda yang membuat konten informasi seperti calon sarjan, kemampuan mengkonsep ini sangat anda butuhkan seperti memilih gambar atau video yang pas, sound effec yang sesuai, kapan harus menampilkan gambar, dan kapan harus menampilkan video dll.

Tanpa memiliki konsep yang baik empat skill diatas tidak akan bisa menghasil video yang yang hebat, dan berkualitas dari 4 skill diatas harus bisa anda kombinasikan menggunakan konsep yang baik dan benar agar menghasilkan video yang bagus dan berkualitas.

Apaliba anda membuat konten seperti calon sarjana skill tambahan yang harus anda miliki adalah dubing atau voice offer, jadi anda harus bisa memaikan suara anda di belakang layar, seperti intonasi yang baik agar penonton merasa nyaman, rilex saat menonton dan mendengarkan apa yang anda sampaikan

Skill Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber Pemula : contoh Dubing

Kesimpulan

Lima skill diatas harus anda miliki jika anda menjadi youtuber sendirian, apabila anda memiliki rekan untuk menjadiyoutuber lima skill diatas bisa anda bagi dengan rakan team anda sehingga anda berfokus pada konsep pembuatan konten saja, semoga artikel singkat ini bisa membantu anda untuk menjadi seorang youtuber yang sukses.

alihumaidi

Owner alihumaidi.com | Beliau adalah seorang pengamat sosial media dan bisnis digital. Beliau melayani konsultasi online tentang youtube, bisnis digital, digital marketing, dan Web Developer menggunakan cms. Beliau lulusan Magister di salah satu Universitas swasta islam Fakultas Teknologi Industri konsentrasi Sistem Informasi Interprise di Yogyakarta

4 Respon

  1. Aminullah berkata:

    Kalau membuat konten kayak calon sarjan, aman apa tidak sekarang kak?

  2. Nurul berkata:

    Dubing itu apa ya mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *