Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Youtube

Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Youtube

Siapa sih yang tidak tahu Google keyword planner ? semua publisher blog, content creator youtube, dan para marketing digital semuanya pasti tahu apa itu google keyword planner, nah apakah anda juga tahu apa itu google keyword planner ? atau anda belum tahu google keyword planner itu apa dan bagai cara menggunakan nya ?

Postingan ini akan membahas tentang cara menggunakan google keyword planner khusus untuk youtube, nanti akan saya jabarkan secara detail dan rinci bagaimana cara menggunakan google keyword planner dan cara mencari kata kunci atau meriset kata kunci di google keyword planner untuk youtube, sehingga anda bisa mendapatkan kata kunci yang bisa mengoptimasi SEO di channel youtube anda.

Apa Google Keyword Planner Itu ?

Google keyword planner adalah salah satu alat dari google ads untuk meriset kata kunci, mengetahui volume penelusuran, dan mendapatkan ide atau saran kata kunci, biasaya google keyword planner di gunakan oleh orang-orang yang akan beriklan di google ads untuk mencari kata kunci, menentukan target, melihat peluang kata kunci, dan mengetahui jumlah biaya iklan kata kunci tersebut.

Google keyword planner merupakan salah satu matarantai dari logaritma google dalam mempersonalisasi, mengelola, dan meyimpulkan penelusuran baik di google maupun di youtube, pada postingan sebelumnya saya sudah sedikit menyinggung tetang google keyword planner silahkan baca potingan saya cara menggunakan google trends untuk youtube.

Cara membuat akun google ads

Sebelum anda menggunakan google keyword plannar anda harus memiliki akun di google ads dulu dan cara daftar untuk membuat akun di google ads sebagai berikut :

  1. Buka browser
  2. Masuk ke web google ads
  3. Pilih Get strarted
  4. Pilih tujuan untuk membuat akun google ads dan klik next
  5. Isi nama bisnis dan web bisnis dan klik next
  6. Pilih lokasi target lalu klik Next
  7. Masukkan kata kunci themes lalu klik next
  8. Pada bagian your ad, anda isi saja semuanya jangan di kosongi dan klik Next
  9. Pada budget and review pilih sesuai kebutuhan anda dan klik Next
  10. Pilih lokasi pemasaran dan klik Next
  11. Pada bagian set up billing isi semua data untuk pembayaran dan tagihan
  12. Centang kota Igree to the google ads
  13. Klik Submit

Untuk menghidari kesalahan dalam mendaftar atau membuat akun google ads, saya menyarankan anda menonton video video di bawah ini, lengkap dengan cara menggunakan google keyword planner untuk youtube.

Cara Riset Kata Kunci Youtube Dengan Google Keyword Planner

Pastikan sebelum anda riset kata kunci di google keyword planner anda sudah mendaftar di google ads, apa bila anda sudah memiliki akun di google ads ikuti langkah berikut :

Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Youtube
Cara riset kata kunci youtube dengan google keyword planner
  1. Login akun google ads
  2. Klik Alat dan settelan
  3. Pilih Keyword Planner
  4. Dan plih kotak bagian Dapatkan Kata Kunci Baru

Setalah anda klik dapatkan kata kunci baru, akan terbuka halaman untuk anda masukkan kata kunci yang ingin anda riset perhatikan gambar di bawah

Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Youtube
cara riset kata kunci youtube dengan google keyword planner

Pada bagian kotak merah nomor tiga diatas bagian domain, wajib anda isi https://youtube.com itu sebagai titik fokus kata kunci yang akan di riset, jadi semua kata kunci yang muncul adalah khusus pencarian di youtube. sebagi contoh gambar diatas saya menggunakan kata kunci cara membuat channel youtube, setelah kata kunci dan domain di isi silahkan klik dapatkan hasil dan hasilnya seperti kotak yang saya beri warna ijo dan kuning, kotak warna kuning tersebut merupakan cakupan kata kunci umum dan luas.

Setalah hasilnya keluar berikutnya anda analisa kata kunci yang sekiranya pas di gunakan sebagai kata kunci dengan cara mengkombinasikan semua kata kunci yang kuluar, lalu bagaimana cara menentukan kata kunci youtube di google keyword planner, sebagai contoh pada gambar diatas saya menggunakan kata kunci, “cara membuat channel youtube” bagian kotak warna ijo di tampilkan saran kata kunci, penelusuran rata-rata, persaingan, biaya iklan, dan saring kata kunci, dari semu kata dan kalimat yang keluar anda harus bisa mengkombinasikanya, sebagai contoh teknis perhatikan cara saya mengkombinasikan kata kunci di pada gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Youtube
cara riset kata kunci youtube dengan google keyword planner

Saya membandingkan dari semua kata kunci yang keluar dengan penelusuran rata-rata dan persaingan yang rendah, kemudian dari bagian saring kata kunci anda klik tanda panah kebawah untuk melihat banyaknya pencarian, disana nanti akan keluar angka banyaknya pencarian, kemudian angka yang paling banyak anda gunakan sebagai salah satu fokus kata kunci. lihat hasil persolanalisasi yang saya riset dari “cara membuat channel youtube” menghasilkan kata kunci “cara membuat akun youtube menggunakan hp android“.

Setalah anda menentukan kata kunci yang sudah anda personalisi, berikutnya kata kunci yang tidak di gunakan bisa di gunakan sebagai tag di youtube, baca postingan saya cara membuat dan memasang tag di youtube.

Kesimpulan

Google keyword planner multifungsi dalam mencari kata kunci, bisa untuk iklan, bisa untuk web, dan bisa juga untuk youtube, tergantung dari cara kita menggunakanya untuk apa, tetapi anda harus tahu penggunaanya agar tidak menjadi alat canggih yang tidak bergunana. semoga artikel singkat ini bisa membantu anda mengetahui cara menggunakan google keyword planner untuk youtube.

alihumaidi

Ali Humaidi adalah seorang pengamat sosial media dan bisnis digital. Beliau melayani konsultasi online tentang youtube, bisnis digital, digital marketing, dan Web Developer menggunakan cms. Beliau lulusan di salah satu Universitas swasta islam terkemuka di Yogyakarta pada konsentrasi Sistem Informasi Interprise

4 Respon

  1. Insan berkelana berkata:

    ini cara yang saya cari, terimakasih bang tutorialnya, sangat lengkap dan mudah di fahami

  2. Liston berkata:

    Apakah sekarang caranya berbeda? Saya mau login tapi harus membuat iklan dulu.

    • alihumaidi berkata:

      tida usah membuat google iklan, yang penting anda sudah terdaftar di googlel ads, pasti fasilitas GKP sudah bisa di gunakan

Apakah Ada Pertanyaan ?